Sejarah Desa

Arsip Desa Cisaat
Kereta api lokomotif pengangkut pupuk tahun 1972
Alun alun cisaat tahun 1972
Kondisi statsiun kereta api cisaat tahun 1972

 

Berawal pada tahun 1919, Pemerintahan Belanda mengundang beberapa tokoh masyarakat di Lapangan Kujang Alun-alun Cisaat untuk membentuk TPR (Tempat Perkumpulan Rakyat). Selanjutnya pada Bulan Juli tahun 1919 bertempat di salah satu rumah tokoh masyarakat diangkatlah pemimpin TPR yaitu Bpk. H. Sarodji.

Pada tahun 1920 Pemerintahan Belanda merubah TPR menjadi Desa Cijeruk yang berkantor di dekat Kaum Cisaat. Tidak lama berselang masih pada tahun 1920 nama Desa Cijeruk dirubah menjadi Desa Cisaat yang dipimpin oleh Kepala Desa Bapak Haji Sarodji dan ditetapkanlah Kantor Desa Cisaat di Alun-alun Cisaat samping kali Ciraden. Untuk membiayai gajih Kepala Desa beserta perangkatnya pada saat itu 3 orang dermawan memberikan sawah beungkok dan untuk membiayai berjalannya roda pemerintahan bersumber dari tanah titisara hasil pemberian dari 2 orang dermawan.

Bapak H. Sarodji sendiri memimpin Pemerintahan Desa Cisaat selama seumur hidupnya terhitung sejak tahun 1919 sampai dengan tahun 1950. Pada tahun 1950 kepemimpinan dilanjutkan dengan cara ditunjuk tanpa ada pemilihan dan yang ditunjuk untuk menjadi Kepala Desa pada saat itu adalah Bpk. H. Surpandi.

Dibawah kepemimpinan Kepala Desa H. Surpandi, pada bulan Mei tahun 1982 Kantor Balai Desa Cisaat dipindahkan ke Kampung Sawah Lega Rt. 23/07. Kantor Balai Desa Cisaat yang baru dibangun oleh Bapak H. Surpandi dan dinikmati sampai dengan tahun 1984. Kepala Desa pada saat itu, H. Surpandi yang berjasa dalam membangun Kantor Desa Cisaat akhirnya meninggal dunia pada tahun 1991.

Pada tahun 1981 sebelum Kantor Desa Cisaat pindah Kantor ke Kampung Sawah Lega, terlebih dahulu dimekarkan menjadi 2 Desa, yaitu :

  1. Desa Induk, yaitu Desa Cisaat
  2. Desa Pemekaran, yaitu Desa Cibolang yang bertempat di Kampung Sasagaran Mangkalaya

Desa induk mengisi kekosongan jabatan sebelum mengadakan pemilihan Kepala Desa diisi oleh Juru Tulis A. Basri sampai dengan dilaksanakannya Pemilihan Kepala Desa Tahun 1984. Sedangkan Desa Cibolang dijabat oleh Perangkat Desa Cisaat yaitu Bpk. Toha.

Pada tanggal 21 Februari 1984 adalah awal terciptanya sejarah diadakan pemilihan Kepala Desa Cisaat. Calon Kepala Desa yang pertama adalah Bpk. Idim Dimyati dan U. Syahwa. Sedangkan yang berhasil dalam pemilihan tersebut adalah Bpk. U. Syahwa yang menjabat sampai dengan tanggal 15 September 1993.

Sampai pada akhir bulan September tahun 1993 diadakan kembali pemilihan Kepala Desa Dengan 3 calon kandidat, yang antara lain Bpk. R. Oing Hidayat, Yusep Banyu Setta dan Luky Aji. Pemilihan Kepala Desa tersebut menghasilkan Bpk. R. Oing Hidayat sebagai Kepala Desa Cisaat dan menjabat selama 2 Periode (1993 – 2007).

Pemilihan Kepala Desa Cisaat selanjutnya diadakan kembali pada 3 Maret 2007. Kali ini kandidat Kepala Desa Cisaat diikuti oleh 5 kandidat yang diantaranya :

  1. Ujang Aen
  2. Moch Furqon
  3. Nurdin Syafrudin
  4. Iwan Setiawan
  5. Uwoh Abdullah.

Pada pemilihan tersebut Bpk. Nurdin Syafrudin berhasil memenangkan pemilihan Kepala Desa Cisaat mengalahkan 4 kandidat lainnya untuk masa jabatan periode 2007-2013. Dan pada periode berikutnya Nurdin Syafrudin kembali menjabat sebagai Kepala Desa setelah mengalahkan kandidat Ade Romaji dan Iwan Ridwan. Nurdin Syafrudin menjabat sebagai Kepala Desa Cisaat kembali untuk periode 2013 – 2019 melanjutkan tonggak kepemimpinannya.

Photo Kepala Desa Cisaat dari Masa ke Masa

Kepala Desa Cisaat dari Tahun 1919 – 2019
Facebook Comments