Sanggar Seni Saung Sunda

Latar Belakang

Sanggar Seni Saung Sunda (S4) yang awalnya komunitas para pecinta seni musik tradisional yang berada di wilayah Desa Cisaat hingga saat ini sangat menginginkan wadah seniman untuk mengembangkan bakat dan meningkatkan taraf perekonomian. Melalui karya seni  dengan SDM profesional yang dimiliki meliputi karya seni musik tradisional (Gendang Pencak, Degungan, Upacara Adat, Lengser) serta seni modern dan lainnya (Drama Kabaret, Violint Orcestra, Qasidah, Marawis) sanggar ini membentuk wadah dengan nama SANGGAR SENI SAUNG SUNDA (S4).

Diharapkan Sanggar Seni Saung Sunda (S4) menjadi tempat  atau wadah untuk belajar  dan mengembangkan bakat yang dimiliki dan melestarikan budaya hingga menghasilkan prestasi di kabupaten Sukabumi hingga tingkat Nasional. Juga sebagai wadah para seniman untuk berkarya lebih maksimal dan bisa meningkatkan perekonomian anggota dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru di bidang karya dan seni budaya.

 

Visi dan Misi

Visi : Menjadikan Sanggar Sanggar Seni Saung Sunda (s4) sebagai pusat unggulan kreativitas seni budaya dan pusat Pelatihan seni dan Budaya musik tradisional sunda.

Misi: 

  1. Membina dan mengembangkan kreatifitas seni sunda juga melestarikan seni sunda yang hampir punah kita angkat sebagai seni tradisional yang berwajah modern guna menjadikan musik tradisional sejajar dengan musik lainnya.
  2. Mempromosikan musik dan seni budaya yang sarat nilai-nilai humanisme dan keragaman kultural melalui pagelaran-pagelaran lokal maupun dialog antar budaya menuju dunia yang lebih adil dan damai.

 

Maksud dan Tujuan

Sanggar Sanggar Seni Saung Sunda mempunyai maksud dan tujuan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kreativitas para anggota Sanggar S4 untuk menggali potensi bakat yang dimiliki lebih maju dan berkembang sehingga menghasilkan karya  yg bernilai jual tinggi utk menunjang perekonomian anggota.
  2. Membuka wacana baru tentang seni budaya di masyarakat untuk membentengi masuknya budaya barat di Indonesia.
  3. Melanjutkan pengabdian masyarakat melalui seni dan memberikan pendidikan ketrampilan kepada anak-anak murid SD, SMP, SMA ataupun anggota pemula.

 

Sasaran yang ingin dicapai

Sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan pelatihan ini adalah:

  1. Makin sempurnanya skill/ketrampilan artistik para anggota Sanggar  S4 baik untuk pagelaran rutin maupun untuk mengikuti seleksi dan lomba  ditingkat kabupaten maupun Nasional.
  2. Adanya sarana dan prasarana yang memadai, menguatnya motivasi dan semangat berkesenian, terciptanya jejaring dan keterkaitan kreativitas seni yang saling dukung dan memerlukan.
  3. Terbangun dan berkembangnya potensi kreativitas para anak muda yang mempunyai minat dan bakat di bidang Ketrampilan dan seni Budaya.
Facebook Comments